Rabu, 13 Februari 2013

Galaksi Andromeda Dihuni 1 Triliun Bintang



detail berita
Galaksi Andromeda (Foto: Sciencedaily)

CALIFORNIA - Observatorium luar angkasa Herschel menangkap pemandangan terbaru dari galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda merupakan salah satu galaksi yang ada di luar Bima Sakti.

Dilansir Sciencedaily, Selasa (29/1/2013), galaksi Andromeda juga dikenal dengan sebutan Messier 31 dan berjarak 2 juta tahun cahaya. Andromeda merupakan galaksi paling dekat dengan Bima Sakti, yang diestimasi memiliki hingga satu triliun bintang.

Bukti terbaru menyarankan, keseluruhan massa Andromeda kurang dari massa Bima Sakti, dengan materi gelap yang juga terdapat di galaksi tersebut. Herschel, sebuah misi European Space Agency (ESA) dengan kontribusi NASA, melihat cahaya panjang gelombang inframerah dari galaksi Andomeda.

Objek yang ditangkap kamera Herschel ini menunjukkan debu cincin dingin. Beberapa debu ini merupakan debu yang paling dingin di galaksi, memiliki beberapa puluh derajat di atas nol mutlak.

Dalam gambar yang ditangkap Herschel, debu hangat terlihat di daerah pusat dengan warna yang berbeda. Terdapat bintang-bintang baru yang lahir di pusat galaksi, serta menampakkan seluruh cincin galaksi dalam pola simpul berdebu.

Wikipedia menerangkan, galaksi Andromeda dapat terlihat dengan mata telanjang. Hal tersebu memungkinkan bila malam cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya.

Struktur Andromeda mirip dengan galaksi Bima Sakti, yaitu berbentuk spiral. Letak Andromeda berada di belahan langit utara. Galaksi terdekat ini bisa diamati pada September, Oktober serta November. (fmh)

Lencana Facebook

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Blog ini?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Ada kesalahan di dalam gadget ini

MOTTO

Kami tidak malu menerima saran & kritik anda...