Senin, 25 Februari 2013

UMAR BIN KHATTAB SANGGUP MENUNDULLAN SUNGAI NIL


Khalifah Umar bin Khattab memiliki banyak sekali karamah. Salah satunya adalah menaklukkan sungai Nil yang pada saat itu dikatakan selalu minta tumbal manusia.

Imam al-Haramain mengemukakan kisah tentang sungai Nil. Pada masa jahiliyah, sungai Nil tidak mengalir sehingga setiap tahun dilemparlah tumbal berupa seorang perawan ke dalam sungai tersebut.

Ketika Islam datang, sungai Nil yang seharusnya sudah mengalir, ternyata tidak mengalir. Penduduk Mesir kemudian mendatangi Amr bin Ash dan melaporkan bahwa sungai Nil kering sehingga diberi tumbal dengan melempar seorang perawan.

Kemudian Amr bin Ash r.a berkata kepada mereka,

"Sesungguhnya hal ini tidak boleh dilakukan karena Islam telah menghapus tradisi tersebut...!!!"

Maka penduduk Mesir bertahan selama tiga bulan dengan tidak mengalirnya sungai Nil, sehingga mereka benar² menderita. Amr menulis surat kepada Khalifah Umar bin Khattab untuk menceritakan peristiwa tersebut. Dalam surat jawaban itu Umar menyatakan,

"Engkau benar bahwa Islam telah mengahapus tradisi tersebut. AKu menirim secarik kertas untukmu, lemparkanlah kertas itu ke sungai Nil...!!!"

Kemudian Amr membuka kertas tersebut sebelum melemparkannya ke sungai Nil. Ternyata kertas tersebut berisi tulisan Khalifah Umar bin Khattab untuk sungai Nil di Mesir. Isi surat tersebut adalah,

"Jika kamu mengalir karena dirimu sendiri, maka jangan mengalir. Namun jika Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa yang mengalirkanmu, maka kami mohon kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa untuk membuatmu mengalir...!!!"

Kemudian Amr melempar kertas tersebut ke sungai Nil sebelum kekeringan benar² terjadi. Sementara itu penduduk Mesir telah bersiap² untuk pindah meninggalkan Mesir. Pagi harinya, ternyata Allah SWT telah mengalirkan sungai Nil enam belas hasta dalam satu malam.

YANG PALING BESAR MENRUT IMAM AL-GOZALI


Iman Ghazali = " Apa yang paling besar didunia

ini ?"

Murid 1 = " Gunung "

Murid 2 = " Matahari "
Murid 3 = " Bumi "

Imam Ghazali = " Semua jawaban itu benar, tapi

yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah Al

A'raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu

kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke
neraka."

IMAM GHAZALI" Apa yang paling berat didunia? "

Murid 1 = " Baja "

Murid 2 = " Besi "
Murid 3 = " Gajah "

Imam Ghazali = " Semua itu benar, tapi yang

paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah

Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan , binatang,

gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika

Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah

pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan

sombongnya berebut-rebut menyanggupi

permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia

masuk ke neraka kerana gagal memegang
amanah."

Imam Ghazali = " Apa yang paling ringan di dunia

ini ?"

Murid 1 = " Kapas"

Murid 2 = " Angin "

Murid 3 = " Debu "
Murid 4 = " Daun-daun"

Imam Ghazali = " Semua jawaban kamu itu benar,

tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah

MENINGGALKAN SOLAT . Gara-gara pekerjaan kita
atau urusan dunia, kita tinggalkan solat "

Imam Ghazali = " Apa yang paling tajam sekali di

dunia ini? "

Murid- Murid dengan serentak menjawab = "
Pedang "

Imam Ghazali = " Itu benar, tapi yang paling tajam

sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA . Kerana

melalui lidah, manusia dengan mudahnya

menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya
sendiri "

Arti & Difinisi Sakinah Mawadah Warohmah


Kita Sering mendengar Tiga ungkapan di judul diatas di acara - acara pernikahan dalam sambutan-sambutan yang sering menyebutkan kata "Sakinah Mawadah Warohmah". Pasti diantara kita sudah tidak asing lagi dengan istilah atau kata-kata itu,Terus Apa sebenarnya Makna dari tiga kata diatas? Mari kita bahas satu per satu sbb ;

Makna dan Pengertian Sakinah Mawadah Warohmah.

Pengertian Sakinah : Sakinah menurut bahasa berarti kedamaian, ketenteraman, ketenangan, dan kebahagiaan. Dalam sebuah pernikahan, Pengertian sakinah berarti membina atau membangun sebuah rumah tangga yg penuh dengan kedamaian, ketentraman, ketenangan dan selalu berbahagia.

Pengertian Mawaddah : Mawaddah menurut bahasa berarti Cinta atau harapan. Dalam sebuah Pernikahan, Cinta adalah hal penting yang harus ada dan selalu ada pada sebuah pasangan suami Istri. Dan Mawaddah berarti Selalu mencintai baik dikala senang maupun sedih.

Pengertian Warrohmah : Warrohmah memiliki kata dasar rohmah yang artinya kasih sayang. dan kata wa disini hanya sebagai kata sambung yang maknanya dan. Didalam sebuah keluarga, kasih sayang adalah hal penting yang harus ada dan selalu di jaga agar impian menjadi keluarga bahagia bisa tercapai.

Jika kita gabung arti sakinah mawaddah warrohmah berarti Keluarga yang selalu diberikan kedamaian, ketentraman , selalu penuh dengan cinta dan kasih sayang. Pasti semua keluarga ingin menjadi keluarga yang seperti itu kan? Kunci utama untuk mendapatkan keluarga yang sakinah mawaddah warrohmah adalah meluruskan niat kita berkeluarga karena ingin mendapat Ridho dari Allah. Banyak orang yang berkeluarga dengan niat yang kurang lurus, sehingga keluarga yang di bina akan mejadi keluarga yang kurang bahagia. Baca: calon suami idama

Lencana Facebook

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Blog ini?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Ada kesalahan di dalam gadget ini

MOTTO

Kami tidak malu menerima saran & kritik anda...