Jumat, 24 Oktober 2014

FADHILAH MUHARRAM

Bismillahirrohmaanirrohim

Bulan Muharram merupakan satu bulan yang penting dalam Islam. Ada beberapa kelebihan dan hal penting dalam bulan Muharram. Berikut beberapa kelebihan bulan Muharram: 
  • Bulan pertama dalam kalender tahun hijriyah
kelebihan bulan Muharram
sebelum penentuan tahun Hijriyah (pada masa Saidina Umar ra) kaum Arab telah menggunakan bulan-bulan dalam kelender hijriyah. Namun mereka tidak menentukan ini tahun berapa, nama-nama tahun biasanya mereka tandai dengan kejadian besar yang terjadi pada tahun tersebut, seperti tahun gajah kepada tahun penyerangan tentara gajah Abrahah ke kota Makkah. Baru pada masa Khalifah Saidina Umar, di tentukan tahun baru Hijriyah dengan menjadikan momen hijrah Nabi sebagai tahun pertama hijriyah. 

  • Salah satu bulan haram

Allah ta`ala telah menciptakan 12 bulan dalan setahun. Dari 12 bulan tersebut ada 4 bulan yang Allah sebut sebagai bulan haram. Ke empat bulan tersebut adalah Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Dalam bulan haram, Allah haramkan berperang dan Allah lipat gandakan pahala kebaikan sebagaimana sebaliknya dosa kesalahan dalam bulan haram akan lebih berat. Kasus pembunuhan tanpa sengaja akan di kenakan diyat mukhaffafah (diyat ringan) namun bila terjadi dalam bulan haram maka akan di kenakan diyat mughalladhah (diyat berat).
  • Bulan Haram yang paling Afdhal
Para ulama berbeda pendapat tentang bulan haram yang paling afdhal. Imam Hasan dan sebagian ulama lain berpendapat bahwa bulan haram yang paling afdhal adalah muham Muharram. Pendapat ini juga di dukung oleh satu kelompok ulama dari kalangan mutaakhirin. 
Diriwayatkan oleh Wahb bin Jarir bahwa Hasan ra berkata :

إن الله افتتح السنة بشهر حرام وختمها بشهر حرام فليس شهر في السنة بعد شهر رمضان أعظم عند الله من المحرم وكان يسمى شهر الله الأصم من شدة تحريمه

Artinya : Sesungguhn ya Allah telah memulai tahun dengan bukan haram dan menyudahinya dengan bulan haram, maka tiadalah bulan dalam setahun yang lebih agung di sisi Allah dari bulan Muharram, dan bulan Muharram di namakan dengan bulan Allah yang tuli dikarenakan bersangatan haramnya.  [1]


  • Bulan yang baik untuk berpuasa

Bulan Muharram merupakan bulan yang sangat baik untuk berpuasa setelah bulan Ramadhan. Dalam satu hadits riwayat Imam Muslim Rasulullah bersabda:

افضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم وافضل الصلاة بعد الفريضة صلاة الليل

Yang paling Afdhal berpuasa setelah bulan Ramadhan adalah bulan Allah Muharram, dan yang paling utama shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (H.R. Imam Muslim)


  • Di sifati sebagai Syahrullah

Dalam beberapa hadits, Rasulullah mensifati bulan Muharram sebagai syahrullah (bulan Allah). Hal ini merupakan sebagai pertanda kemulian dan kelebihan bulan Muharram, karena yang di nisbahkan kepada Allah hanyalah hal-hal yang memiliki keistimewaan khusus, seperti baitullah dll.


  • Allah bersumpah dengan fajar dan sepuluh awal bulan Muharram (menurut satu pendapat)

Dalam surat al-Fajr Allah bersumpah dengan fajar dan sepuluh hari. 

وَالْفَجْرِ . وَلَيَالٍ عَشْرٍ
Demi Fajar. dan sepuluh hari (Q.S. al-Fajr 1-2)

Para ulama memang berbeda pendapat tentang fajar dan sepuluh hari yang Alllah maksudan dalam surat al-Fajr tersebut. Menurut pendapat yang kuat fajar yang di maksud adalah fajar hari nahar (hari raya Idhul Adha), pendapat lain menyatakan bahwa maksud fajar tersebut adalah fajar sepuluh hari awal bulan Zulhijjah. Namun ada juga para ulama yang mengatakan bahwa maksud fajar tersebut adalah fajar bulan Muharram. Allah bersumpah dengan fajar hari Muharram karena fajar Muharram merupakan fajar permulaan dari tahun Hijriyah.[2]


  • Adanya hari Asyura dalam bulan Muharram.

Salah satu kelebihan bulan Muharram adalah ada satu hari yang memiliki kelebihan yang agung yaitu hari Asyura (10 Muharram). Baca kelebihan Hari Asyura.

Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayahNya kepada kita untuk mampu menjalani bulan Muharram dengan ibadah kepadaNya demi mencapai ridha Nya. Amiin. Jangan lupa mengamalkan Amaliyah akhir dan awal tahun. 

...........................................


  1. http://lbm.mudimesra.com/2014/10/kelebihan-bulan-muharram.html
  2. Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif Ma’arif hal 79 Dar Ibn Katsir
  3. Imam ar-Razi, Tafsir Mafatihul Ghaib Jilid 31 hal 149 Dar Ihya Turts Arabi

Kisah lucu Jokowi bawa kodok kesayangan dari Solo ke istana

Bismillahirrohmaanirrohim

Jokowi dan KodokBukan Joko Widodo (Jokowi) kalau tidak nyeleneh. Pria yang baru saja resmi menjadi Presiden Indonesia ke-7 ini memang sering melakukan hal-hal antik dan tak biasa dilakukan oleh presiden-presiden sebelumnya.

Kemarin Rabu (22/10) pagi, Presiden Jokowi pindahan dari rumah dinas gubernur DKI Jakarta ke Istana Negara. Lucunya, Jokowi mengaku akan membawa kodok kesayangannya juga.

Jokowi mengaku memang sudah memelihara kodok semenjak masih menjabat sebagai wali kota Solo hingga menjadi gubernur DKI Jakarta. Jokowi memelihara kodok bangkong dan kodok ijo yang jumlahnya bisa mencapai 20 ekor.

"Kodoknya ada di sana (Istana), kamu lihat nanti," kata Jokowi di rumah dinas gubernur, saat akan pindahan ke Istana Negara, Rabu (22/10).

Alasan Jokowi memelihara kodok dan ingin membawanya ke istana cukup sederhana. Jokowi ingin suasana di istana nyaman dan jauh dari hingar bingar suara kendaraan.

"Supaya kalau malam ada suara kodok. Kwang-kwong, kwang-kwong, kwang-kwong. Kan enak, jadinya fresh otaknya. Masa tiap hari dengarnya sepeda motor, bus, mobil," kata Jokowi, Minggu (27/7).

Selain kodok, Jokowi rupanya juga mempunyai burung-burung kesayangan di kantor dinas gubernur. Bahkan Jokowi sudah memelihara burung sejak masih menjabat sebagai wali kota Solo lantaran kantor dinas wali kotanya memang dekat dengan pasar burung di Kelurahan Sumber, Depok, Solo.

Namun menurut Ibu Negara Iriana, burung-burung yang berjenis perkutut, parkit, dan jalak itu tak akan dibawa ke istana. Burung-burung itu rencananya akan tetap berada di rumah dinas gubernur atau dititipkan kepada Veronica, istri Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Nggak lah, di sini aja. Nanti kalau kangen ke sini (rumah dinas gubernur). Mungkin nitip ke Bu Ahok," kata Iriana di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Taman Suropati, Minggu (19/10).

Setiap presiden memang punya gaya sendiri. Saat tinggal di Istana, Presiden Soekarno gemar memelihara aneka tanaman di istana. Selain itu Soekarno juga mengumpulkan aneka benda seni seperti patung dan lukisan. Kebanyakan karya seni berupa wanita cantik.

====================================================
Sumber :http://www.merdeka.com/

Lencana Facebook

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Blog ini?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Ada kesalahan di dalam gadget ini

MOTTO

Kami tidak malu menerima saran & kritik anda...