Sabtu, 16 Agustus 2014

6 Fakta Unik Otak Manusia Yang Belum Banyak Diketahui

Bismillahirrohmaanirrohim
Di dalam kepala manusia, diperkaya dengan sebongkah otak yang luar biasa mengagumkan. Fungsi otak manusia dapat dikatakan seperti pusat pengendali setiap kegiatan manusia. Inilah yang dianggap sebagai anugerah untuk manusia, karena memiliki akal pikiran, yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain, hewan ataupun tumbuhan. Banyak hal unik yang mungkin tidak disangka-sangka, yang menjadi bagian dari cara kerja otak manusia. Berikut ini beberapa fakta unik otak manusia.

Fakta Unik Otak Manusia

Mungkin bagi kita sangat mudah untuk mencari pakaian di lemari, menyimpan di dalamnya kemudian dapat ditemukan kembali sampai kita membutuhkan barang tersebut. Tapi bagaimana kita dapat mengingat letak baju yang ada pada satu lemari pakaian tersebut?? kenyataannya, kegiatan yang terbilang sepele ini adalah proses yang sangat kompleks dan melibatkan banyak bagian pada otak.

1. Kecepatan Sistem Syaraf Pusat

Simpuls saraf yang mengarah ke otak ataupun sebaliknya, sama dengan waktu perjalanan secepat 170 mil per jam. pernah kita bertanya-tanya,  bagaimana tubuh dapat bereaksi begitu cepat terhadap hal-hal di sekitar, misalnya ketika dipanggil, tersentuh  dan sebagainya. Hal tersebut karena gerakan super cepat impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh dan sebaliknya.

2. Pemakai oksigen terbanyak

Otak membutuhkan pasokan oksigen sekitar 20% dari jumlah oksigen yang masuk pada pembuluh darah. Otak mengkonsumsi lebih banyak manfaat oksigen daripada organ lain dalam tubuh, sehingga sangat rentan terhadap kerusakan yang berhubungan dengan kekurangan oksigen. Jadi penting untuk mengoptimalkan sistem pernafasan, untuk menjaga otak kebutuhan oksigen.

3. Otak jauh lebih aktif pada malam hari dibandingkan siang hari

Logikanya, kita akan berpikir, bergerak, melakukan interaksi secara umum dilakukan setiap hari selama jam kerja dan akan mengambil kekuatan otak lebih banyak daripada saat tidur. Padahal kenyataannya sebaliknya, para ilmuwan belum tahu mengapa hal ini terjadi tetapi berterima kasihlah kepada kerja keras otak ketika tidur, dengan kehadiran  mimpi-mimpi hingga kekuatan alam bawah sadar.

4. Memori Jangka Pendek Yang Terbatas

Para ahli percaya bahwa otak manusia mampu menyimpan sekitar tujuh item dalam memori jangka pendek, selama sekitar 20 sampai 30 detik. Kapasitas ini menggunakan strategi memori, yang melibatkan pengelompokan informasi-informasi terkait di dalamnya.  Hal ini dapat anda coba dengan melakukan percobaan memori angka pendek. Gunakan waktu dua menit untuk menghafal daftar kata-kata acak, kemudian tulis pada selembar kertas kosong dan tuliskan pada saja yang diingat. Biasanya, tidak semua benda dapat disebutkan.

5. Pertumbuhan neuron otak

Neuron dapat terus tumbuh sepanjang hidup manusia. Selama bertahun-tahun para ilmuwan dan dokter berpikir bahwa otak dan jaringan saraf tidak bisa tumbuh atau beregenerasi. Meskipun tidak bertindak dalam cara yang sama seperti jaringan di bagian tubuh lain, tapi neuron dapat dan tumbuh sepanjang hidup dan terus menambahkan dimensi baru untuk mempelajari otak dan penyakit yang mempengaruhi saat itu.

6. Kebutuhan Air

Manfaat air yang dibutuhkan tubuh, memperoleh tempat sekitar 80% dari kebutuhan otak. Otak berwarna abu-abu  dan hidup pada jaringan otak yang licin, berwarna merah muda, karena sistem peredaran darah dan kadar air yang tinggi di dalam jaringan. Jadi pada saat merasa dehidrasi, minumlah untuk menjaga otak tatap cukup air.

Otak manusia memang tidak hanya dijadikan sebagai organ, namun yang mampu berpikir dengan pemahamannya yang unik. Cobalah untuk meningkatkan kemampuan otak, terutama fungsi bagian otak seperti fungsi otak kanan atau otak kiri yang mempengaruhi kecenderungan perilaku seseorang. Fakta unik otak manusia mungkin saja masih banyak menyimpan misteri dan terus di gali oleh ilmuan dan para peneliti.
=============================
Refrensi :
Diposkan pada: July 8, 2014 Oleh: Chy Rohmanah Pada Kategori: News & Info
http://blogging.co.id/6-fakta-unik-otak-manusia

Lencana Facebook

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Blog ini?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Ada kesalahan di dalam gadget ini

MOTTO

Kami tidak malu menerima saran & kritik anda...